REFLEKSI MANDIRI 2
Refleksi Mandiri 2
Nama : Merpati Oematan, S.Pd
Asal Sekolah : SMP Negeri 4 Kupang
CGP Angkatan 8
Saya memimpikan murid-murid yang saya didik akan tumbuh menjadi murid-murid yang memiliki budi pekerti yang baik sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang kreatif dan memiliki kecakapan hidup yaitu jika murid yang memiliki iman dan taqwa terhadap Tuhan
Yang Maha Esa, berkebhinekaan global, bergotong royong, keratif,
bernalar Kritis serta mandiri sehingga dengan nilai-nilai yang dimilikinya
mampu menghantarkan murid yang memiliki kecakapan hidup dan ke
depannya dapat diterima di mana saja, menjadi seorang pemimpin
yang kreatif dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan serta
Saya percaya bahwa murid adalah anak yang di percayakan oleh orang tua kepada saya sebagai guru untuk di ajar, di didik dan di tuntut untuk mendapatkan sejumlah pengetahuan yang akan menjadi bekal untuk menggapai cita-cita di masa depan.
Sehingga di sekolah saya mengutamakan pembelajaran yang berpusat pada murid, pembelajaran yang menyenangkan, mandiri dalam belajar dan juga kreatif.
Murid di sekolah saya sadar betul bahwa belajar itu menyenangkan, belajar mandiri tanpa paksaan dari orang lain, murid harus sadar bahwa belajar untuk menumbuhkembangkan potensi yang ada di dalam dirinya.
Saya dan guru lain di sekolah saya yakin bahwa untuk menghasilkan murid yang berkualitas maka sebagai rekan guru kita harus berkolaborasi bersama semua komponen sekolah dan berkomitmen untuk menerapkan lima nilai dan peran guru penggerak dalam lingkungan sekolah maka saya percaya kita akan menghasilkan murid yang memiliki profil sebagai pelajar Pancasila adalah pelajar yang terbangun utuh keenam dimensi pembentuknya yaitu terdapat
6 dimensi profil pelajar Pancasila
1) Beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berakhlak mulia;
2) Mandiri;
3) Bergotong-royong;
4) Berkebinekaan global;
5) Bernalar kritis;
6) Kreatif.
Saya dan guru lain di sekolah saya paham benar bahwa untuk dapat menghasil 6 dimensi profil pelajar Pancasila pada diri murid yang ada di sekolah saya maka sebagai guru kami harus bekerja keras Berama semua komponen yang ada di sekolah agar dapat menanamkan pembiasaan-pembiasaan 6 dimensi profil pelajar pancasila melalui sosialisasi yang terus menerus dan penerapan konkret 6 dimensi profil pelajar Pancasila di sekolahpun harus terus di kobarkan.
Komentar
Posting Komentar