TUGAS 1.2.a.8. Koneksi Antar Materi - Modul 1.2

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara
NAMA : MERPATI  OEMATAN ,S.Pd
ASAL SEKOLAH : SMP NEGERI 4 KUPANG
Calon Guru Penggerak Angkatan 8
Kota Kupang.

Setelah saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (model refleksi 4P):
Peristiwa
Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah bahwa sebagai guru saya harus berpedoman pada semboyan KHD, Ing Ngarso Sung Tulodho, Ing Madya Mangun Karso, Tut Wuri Handayani yang berarti saya sebagai seorang guru harus mampu menjadi teladan atau panutan yang baik bagi untuk peserta didik, sebagai guru saya harus mampu memberikan motivasi dan mendorong peserta didik dalam proses belajar. Pendidikan menurut KHD juga  merupakan momen yang sangat penting dan harus dipahami dan juga harus dijalankan, Pendidikan itu juga harus menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak  agar menjadi manusia seutuhnya yakni sebagai anggota masyarakat yang dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Dalam proses mendidik tujuan Pendidikan tersebut dapat terwujud jika sebagai guru saya mampu melakukan pembelajaran yang berpusat pada siswa, saya mampu melakukan pembelajaran yang sesuai dengan kodrat siswa yaitu kodrat zaman dan kodrat alam,  peserta didik bukan kertas putih agar guru bisa menulis apa saja di atasnya, melainkan peserta didik memiliki potensi yang sudah ada sejak lahir, sehingga tugas guru adalah menuntun dan menebalkan potensi yang ada. 
Pada pembelajaran materi modul 1.2 momen yang paling penting yang saya dapatkan yaitu lima nilai dan peran guru penggerak. Ada lima nilai yang harus dimiiki oleh seorang guru penggerak, yaitu berpihak pada murid, mandiri, kolaboratif, inovatif dan reflektif. Berpihak pada murid yaitu dalam proses pembelajaran di kelas guru harus mampu melakukan pembelajaran yang berpihak pada murid, guru harus mampu mendesain atau merancang pembelajaran yang menyenangkan dan diharapkan sesuai dengan kebutuhan murid.
Mandiri yaitu, saya sebagai guru penggerak harus belajar mandiri untuk meningkatkan kemampuan diri dalam melakukan pembelajaran serta aktif dengan mengikuti diklat yang berkaitan dengan bidang yang dimiliki.
Kolaboratif yaitu saya sebagai seorang guru penggerak harus mampu bekerjasama baik dengan guru maupun dengan peserta didik serta seluruh komponen yang ada di sekolah dalam hal melaksanakan pembelajaran.
Inovatif yaitu sebagai guru penggerak saya harus selalu  berinovasi dalam  melaksanakan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga proses belajar di kelas menjadi hidup. 
Reflektif, Saya sebagai seorang guru penggerak juga harus mampu melakukan refleksi atau evaluasi terhadap pembelajaran yang sudah saya lakukan sehingga dapat mengetahui apa yang harus di tingkatkan dan apa yang harus di perbaiki. Sebagai guru penggerak juga saya harus terbuka menerima masukan yang membangun dari rekan sejawat atau orang-orang di sekelilingnya. 

Keterkaitan antara modul 1.1 dan 1.2, yang saya pahami  yaitu  Pendidikan yang seharunya adalah menuntun anak sesuai kodratnya sehingga tujuan pendidikan itu tercapai maka sebagai seorang guru penggerak saya harus memiliki lima nilai dasar sebagai seorang guru penggerak yaitu, inovatif, berpihak pada murid, kolaboratif, mandiri dan reflektif. Sebagai seorang guru penggerak saya harus mampu menjadi pemipin pembelajaran yang berpihak pada anak sesuai dengann tujuan pendidikan yang sebenarnya.

Perasaan: Saat momen itu terjadi saya merasa seperti menjadi guru yang biasa melakukan tugas mengajar dengan menuntut agar peserta didik selalu mendengarkan saya. Saya menganggap tugas saya sebagai guru adalah tugas rutin yang harus saya kerjakan dari pagi sampai sore dan itu sudah menjadi hal biasa karena selama ini  saya tidak memahami dengan baik pemikiran KHD tentang pendidikan.  

Pembelajaran: Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa bahwa tugas saya sebagai guru yaitu harus menyelesaikan pembelajaran tepat waktu, baik peserta didiknya paham atau tidak. Tapi sekarang saya berpikir bahwa bahwa menjadi seorang guru adalah sebuah panggilan jiwa dalam menuntun peserta didik agar menjadi manusia seutuhnya dengan memiliki nilai-nilai karakter seebagai pelajar Pancasila.

Penerapan ke depan (Rencana): Apa pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak?
Untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai guru penggerak antara lain:
Peran saya sebagai seorang guru penggerak sangat penting yakni hal pertama yang akan saya lakukan yaitu melakukan tes awal pada peserta didik untuk mengetahui karakteristik, kemampuan dan potensi apa saja yang ada pada peserta didik. Saya akan mendesain pembelajaran sesuai karakteristik peserta didik dengan mengacu pada hasil tes awal yang sudah saya lakukan 
Dengan mendesain suatu pembelajaran inovatif dan menyenangkan yang berpusat pada peserta didik , salah satu trik pembelajaran yang mudah di ingat anak yakni pembelajaran yang di kemas dalam bentuk permainan atau lagu.
Menjadi guru penggerak juga saya harus aktif meningkatkan kompetensi diri saya dengan mengikuti berbagai kegiatan seperti webinar, Diklat,  MGMP dan pelatihan-pelatihan yang meningkatkan kemampuan dan potensi saya sebagai seorang guru penggerak dalam mengelola dan memimpin pembelajaran di kelas. Saya sebagai guru penggerak juga harus mampu berkolaborasi dengan rekan sejawat dalam mendesain pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.
Saya juga sebagai seorang guru penggerak harus mampu melakukan refleksi setelah pembelajaran baik dengan rekan sejawat maupaun dengan peserta didik sebagai upaya mengetahui hal-hal yang harus di tingkatkan maupun hal-hal yang harus di perbaiki.

SALAM GURU PENGGERAK 💪
 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD SENI MUSIK (PENSI) KELAS VIII

SOAL REFLEKSI SENI MUSIK KELAS 8

TUGAS MANDIRI 3.1.a.4 EKSPLORASI KONSEP MODUL 3.1