REFLEKSI INDIVIDU

  • Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda.  Untuk saya secara pribadi saat ini saya mengajar kelas VIII mata pelajaran SBDP,  dengan jumlah murid 256 orang,  di sekolah tempat saya mengajar dengan 256 orang tentu masing-masing murid mempunyai latar belakang yang berbeda-beda yakni suku,agama, bahasa, mata pencaharian orangtua , penghasilan orang tua, dan lain - lain. Murid juga memiliki banyak karakteristik, hobi, bakat, dan cita-cita.
  • Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan?  Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?Untuk mengakomodir keragaman kebutuhan siswa, langkah yang saya lakukan yakni melakukan wawancara dengan murid untuk mengetahui minat mereka serta melakukan asesmen diagnostik untuk mengetahui kemampuan awal murid terutama dalam hal literasi dan numerasi, saya juga harus melakukan refleksi untuk program pembelajaran yang sesuai dengan kondisi murid untuk membuat program yang sesuai dengan kebutuhan murid di sekolah.
  • Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?                    Tantangan - tantangan yang saya alami selama saya menjadi guru  begitu banyak. Banyak kegiatan - kegiatan diluar pembelajaran dikelas yang terkadang menyita waktu pembelajaran serta kurangnya referensi yang mendukung pembelajaran yang diharapkan.
  • Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?  Untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi yakni Melakukan pemetaan kebutuhan belajar murid serta menyusun rencana  pembelajaran sesuai kebutuhan murid dalam melaksanakan proses  pembelajaran dengan menggunakan  strategi dan metode yang menjawab kebutuhan murid, serta  melakukan refleksi dan evaluasi untuk perbaikan pembelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD SENI MUSIK (PENSI) KELAS VIII

SOAL REFLEKSI SENI MUSIK KELAS 8

TUGAS MANDIRI 3.1.a.4 EKSPLORASI KONSEP MODUL 3.1