PERTANYAAN REFLEKTIF MULAI DARI DIRI MODUL 2.3
Nama : Merpati Oematan, S.Pd
Asal Sekolah : SMP Negeri 4 Kupang
Pertanyaan-pertanyaan reflektif sesi mulai dari diri:
1. Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?
Perasaan saya ketika di observasi yakni perasaan, cemas,kuatir dan jika dalam proses pembelajaran tidak berjalan sesuai dengan yang sudah di rencanakan. Tetapi seiring berjalannya waktu semua rasa itu seakan hilang lenyap karena sudah berusaha mengontrol diri dan menyesuaikan dengan keadaan. Karena menurut saya tujuan supervisi dari pimpinan/kepala sekolah adalah semata-mata ingin melakukan evaluasi terhadap apa yang menjadi kekurangan dan sekaligus nilai positif kita yang perlu dilakukan perbaikan dan sekaligus guna ditingkatkan bagi proses pembelajarannya.
2. Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.
Pengalaman saya saat observasi saya merasa tegang dan kuatir tapi itu tidak berlangsung lama.
Saat observasi kepala sekolah langsung mengikuti pembelajaran di kelas mulai dari awal sampai akhir, sehingga bagi saya , itu merupakan suatu perhatian untuk saya sebagai seorang guru agar bisa melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan yang sudah di rencanakan. Sedangkan pasca kegiatan saya merasa jauh lebih tenang karena Pasca kegiatan Observasi, Kepala Sekolah melakukan wawancara dan diskusi terkait kesan saya pada saat diobservasi, identifikasi keberhasilan dan kelemahan saya yang menjadi temuan, identifikasi keterampilan-keterampilan mengajar yang perlu ditingkatkan oleh saya, serta memberikan gagasan baru yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kelemahan saya.
3. Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik ?
Proses supervisi yang ideal adalah membangun komunikasi yang baik antara pimpinan dan guru yang akan di supervisi sehingga tidak terkesan diawasi dan juga agar guru menjadi rileks Dalma melaksanakan pembelajaran di kelas. Setelah melakukan proses pembelajaran dengan mendiskusikan hasil dari observasi dan memberikan alternatif-alternatif pemecahan persoalan yang muncul sehingga memunculkan rasa percaya diri dan semakin membangun semangat.
4. Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.
Menurut saya, jika saat ini saya menjadi kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi ..maka posisi situasi ideal saya yakni dengan skala 8
5. Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?
Untuk mencapai situasi ideal maka yang harus saya lakukan adalah berusaha untuk terus membangun kompetensi kepribadian saya menjadi lebih baik, sehingga mampu menjadi teladan bagi pesera didik, kompetensi manajerial agar mampu mengorganisir pembelajaran menjadi lebih terstruktur, juga komptensi supervisi, sosial dan kemandirian sehingga dengan semua kompetensi ini akan membantu membangun ruang kolaborasi yang lebih baik Bersama dengan rekan sejawat, perserta didik dan seluruh komponen warga sekolah.
Harapan Anda terkait modul ini :
1. Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
Menjadi pribadi yang terus tumbuh dan berkembang dengan kesadaran diri dan selalu haus akan sebuah perubahan yang terjadi, sehingga pengetahuan yang terus berkembang, sehingga apa yang menjadi harapan dapat terwujud dengan optimal.
2. Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?
Manfaat yang saya harapkan dalam modul ini adalah materi yang berkaitan dengan bagiamana teknik-teknik observasi dan pengembangan diri, tekhnik couching yang baik sehingga dapat menuntun saya terhadap pemahaman yang lebih bermakna dalam penerapan dan pemahaman yang lebih berkembang dan diterapkan dalam pembelajaran di kelas.
Komentar
Posting Komentar