REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 2.1

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan adalah usaha guru untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu murid. Menurut Tomlinson (1999:14) dalam kelas yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi, seorang guru melakukan upaya yang konsisten untuk merespon kebutuhan belajar murid.Dalam mewujudkan pembelajaran berdiferensiasi, maka guru harus memiliki pertimbangan yang masuk akal, seperti  tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, kemudian bagaimana guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar muridnya, lingkungan belajar yang "mengundang' murid untuk belajar, manajemen kelas yang efektif serta penilaian berkelanjutan.

3 Aspek yang harus di perhatikan guru dalam pembelajaran berdiferensiasi

yaitu : 

Strategi diferensiasi ada 3 yaitu 

1. Diferensiasi konten 

Guru perlu menyesuaikan materi/konten pembelajaran dengan kebutuhan belajar murid yang beragam mempertimbangkan dari pemetaan kebutuhan kesiapan, minat dan profil belajar murid.

2. Diferensiasi Proses 

Guru perlu memvariasikan proses belajar agar beragam sesuai dengan kebutuhan belajar murid. Proses ini mengacu pada bagaimana murid memahami atau memaknai apa yang dipelajari.

3. Diferensiasi Produk

Guru perlu memodifikasi tagihan produk yang akan dihasilkan murid sesuai dengan konten yang telah mereka pelajari dan proses yang telah mereka lewati.

Future (Penerapan)

Setelah saya  mempelajari modul 21, saya merencanakan akan melakukan tes diagnostik baik dengan kuisioner, membaca data yang sudah ada atau wawancara dalam memetakan kebutuhan murid saya di kelas. Saya juga merencanakan akan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dan  akan lebih sering berkolaborasi dengan rekan sejawat yang sudah berpengalaman dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Pembelajaran Berdiferensiasi sangat erat kaitannya dengan prose pembelajaran yang berpihak pada murid sesuai dengan folilosofi KHD. Nilai-nilai yang melekat pada guru yakni Mandiri, areflektif, Inovatif, Kolaboratif dan. Berpihak pada murid merupakan komponen utama dalam.mewujudkan pembelajaran yang berdiferensiasi. Murid sebagai subjek pembelajar yang beragam harus terlayani dengan baik melalui visi misi yang baik. Pembelajaran berdiferensiasi berupakan bagian dari budaya positif. Selanjutnya saya ingin membagikan praktik baik yang sudah  saya lakukan agar dalam.proses pembelajaran berdiferensiasi keberpihakan pada murid terlaksana terwujud di sekolah tempat saya mengabdi.


Salam Guru HebatπŸ‘

Salam Guru Penggerak πŸ’ͺ


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LKPD SENI MUSIK (PENSI) KELAS VIII

SOAL REFLEKSI SENI MUSIK KELAS 8

TUGAS MANDIRI 3.1.a.4 EKSPLORASI KONSEP MODUL 3.1